Luar biasa Pariwisata Kepulauan Riau dengan Pentahelix nya meluangkan waktu di hari minggu untuk mencari solusi untuk isu Pariwisata yang terjadi di Kepri.

Menyiapkan strategi untuk Mencegah persaingan usaha yang tidak sehat di bidang kepariwisataan yang telah diamanatkan oleh Undang-undang Kepariwisataan.

  • Dalam Coffee Morning ini yang dihadiri oleh Kadispar Provinsi Bapak Boeralimar, Kadisbudpar Batam Bapak Ardy, ASITA Kepri, ASPPI Kepri, ASPABRI yang mewakili asosiasi/ bisnis.
  • Juga koran Sindo dan GIPI Broadcasting Pariwisata dari media, menjadikan pembahasan pagi ini begitu komplit dan menghasilkan solusi untuk menjawab isu-isu pariwisata yang ada.

Bapak Boeralimar mengangkat isu peningkatan kunjungan wisman asal India yang baru-baru ini Kementerian Pariwisata telah mengundang 18 whole-seller asal India di Bintan dan Batam.

  • Kepri akan bersama VITO kantor perwakilan kemenpar di Singapura untuk membidik turis asing dari Tiongkok, India, Korea dan Jepang yang masuk ke Singapura melalui agent-agentnya.
  • Kepri akan melakukan koordinasi dengan Bapak Sulaiman Sidik dari VITO Singapura secara intensif agar strategi ini dapat di implementasikan dalam waktu dekat ujar Bapak Boeralimar.

Penguatan asosisasi pariwisata menjadikan isu yang disampaikan Bapak Ardy dan juga wacana untuk menghadirkan wisman ke sentra-sentra UKM Batam melalui industri travel.

  • Sentra UKM tentunya akan segera kita tingkatkan kualitas produknya sehingga layak disajikan untuk turis mancanegara maupun nusantara ungkap Kadisbudpar Batam ini.

Sedangkan dari asosiasi pariwisata isu yang diangkat adalah melakukan pembinaan terhadap usaha travel yang belum ber-izin sehingga kedepannya dapat bersaing dan berkembang.

Dalam kesempatan ini Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kepri selaku fasilitator pengusaha maupun asosiasi pariwisata juga sebagai mitra pemerintah daerah dalam melakukan koordinasi Pentahelix.

Tupa Simanjuntak sebagai ketua GIPI Kepri juga menyampaikan dalam minggu ini Kepri sudah memiliki fasilitas Live Spot Server sebagai bukti komitmen dari Dinas Provinsi Kepulauan Riau.

Strategi Live Spot Server ini merupakan strategi pertama di Indonesia, yang sangat bermanfaat dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan pariwisata di kepri dan berbasis data base.

Coffee Morning ini akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali, dan mari kita tunggu pembahasan dan solusi isu-isu pariwisata Kepulauan Riau selanjutnya.

BAGIKAN