GIPIKEPRI.COM – Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu tentu bukannya tanpa sebab. Kabupaten Lingga dahulu merupakan sebuah Kerajaan Melayu yang berpusat di Kota Daik. Daik Lingga adalah Pusat Pemerintahan Kebesaran Kesultanan Lingga pada tahun 1878 hingga 1900. Kebesaran ini telah meninggalkan peradaban kejayaan yang masih dapat dilihat di Lingga hingga hari ini.

Ada berbagai situs cagar budaya yang tersebar di hampir seluruh perairan Daik, Dabo Singkep dan Senayang. Lingga sebagai salah satu pusat budaya Melayu juga tercermin dalam bahasa, adat-istiadat dan sikap-sikap kemelayuan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaaan dan Olah Raga kabupaten Lingga Raja Fakhrul Rozi dalam Public Expose Exploring Lingga 25/3/2019 di Universitas Universal Batam berhasil memikat minat mahasiswa mahasiswi. Dari 200 mahasiswa yang  hadir ternyata baru 7 orang saja yang pernah berkunjung ke Lingga. Dalam kesempatan ini Raja Fakhrul Rozi menjelaskan begitu banyak potensi wisata di Lingga serta bagaimana cara menuju kesana serta fasilitas-fasilitas wisata yang telah disediakan bagi kenyamanan wisatawan.

Tak hanya wisata sejarah, Kabupaten Lingga juga memiliki potensi wisata alam yang penuh pesona mulai dari pantai, pegunungan hingga air terjun. Ada Gunung Daik, Pemandian Tengku Ampuan Zahara, Air Terjun Resun di Lingga Utara, Batu Belah Daik, lalu juga Air Terjun Tanda di Daik. Hadir juga Wakil ketua bidang Pengembangan Destinasi dan Markom sebagai narasumber Edi Sutrisno menambahkan rasa penasaran mahasiswa yang hadir. Berbagai video destinasi wisata dan cara menjangkau Kabupaten ini bisa ditempuh melalui udara dengan menggunakan pesawat Susi Air, bisa juga melalui jalur laut dari Tanjung Pinang atau Batam, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam ungkap Edi.

Dalam Public Expose ini juga mahasiswa mahasiswi Universitas Universal juga menampilkan kepiawaian mereka dalam seni tari seperti Tarian Borneo yang begitu menakjubkan tampil dengan sepenuh hati.

Di akhir acara Wakil Rektor Univeritas Universal dan Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga melakukan MOU. Saatnya kita semua berpartisipasi untuk mendorong pariwisata daerah. Memperjuangkan Kepri, mengoptimalkan pariwisata Lingga, demi kemaslahatan bersama.

BAGIKAN